14 November 2024 – Rapat Kerja Nasional II (Rakernas II) Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) tahun 2024 berlangsung meriah dengan menghadirkan Ketua Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK), tema kali ini membahas mengenai Transformasi Kebijakan Lembaga Akreditasi Mandiri Kependidikan (LAMDIK) guna meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia, khususnya program studi Pendidikan Bahasa Inggris.
RAKERNAS II yang diadakan pada 14 November 2024 ini menghadirkan pembicara utama, Prof. Dr. Muchlas Samani, M.Pd., Ketua LAMDIK, yang menyampaikan pandangan dan arah kebijakan baru dalam akreditasi program studi kependidikan. Narasumber di dampingi atau dimoderatori oleh Prof. Dr. Imroatus Solikhah, S.Pd., M.Pd., M.E. Dalam pemaparannya, Prof. Muchlas menyoroti pentingnya penyesuaian kebijakan LAMDIK yang tidak hanya berfokus pada aspek administratif, namun juga mendorong kualitas dan inovasi pembelajaran di perguruan tinggi. Menurutnya, transformasi kebijakan ini berperan vital dalam memastikan setiap lulusan program studi pendidikan memiliki kompetensi yang relevan dengan kebutuhan zaman.
“Representasi dari sebuah program studi adalah dilihat dari Lulusannya, dan dalam rangka mencapai hal tersebut, perlu dititikberatkan pada Jaminan Mutu di prodi masing-masing,” ungkap Prof. Muchlas dalam pemaparannya.
Acara ini juga dihadiri oleh sejumlah dewan pakar APSPBI, pengurus Nasional dan Regional APSPBI beserta anggota, dan para dosen lingkup program studi Pendidikan Bahasa Inggris di seluruh Indonesia. Para peserta Rakernas turut membahas berbagai tantangan dan peluang yang dihadapi dalam proses akreditasi serta peran APSPBI dalam mendukung kebijakan LAMDIK melalui peningkatan kualitas pembelajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
Dr. Fauziah, M.Pd. sebagai Ketua Panitia RAKERNAS II, turut juga menginformasikan bahwa jumlah institusi (kampus) yang mendaftarkan diri untuk hadir pada RAKERNAS kali ini berjumlah 115 institusi dari seluruh Indonesia. Kemudian ada 9 institusi baru bergabung untuk hadir pada kegiatan ini.
Presiden APSPBI, Dr. Ummi Khaerati Syam, S.Pd., M.Pd. berharap bahwa melalui Rakernas ini, anggota APSPBI dapat lebih memahami dan mengimplementasikan kebijakan akreditasi LAMDIK secara efektif, guna mencapai mutu pendidikan yang diinginkan. “Semoga dengan adanya kegiatan ini, dapat memberikan masukan kepada semua program studi khususnya yang sedang mempersiapkan Akreditasi, untuk dapat lebih mematangkan persiapan asesmen atau visistasi nantinya,” tegas ibu Ummi.
Dengan semangat kebersamaan, RAKERNAS II APSPBI 2024 yang dirangkaiakan dengan webinar ini ditutup dengan komitmen bersama untuk menyiapkan program studi pendidikan bahasa Inggris yang lebih berkualitas, demi pendidikan Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing global. -jus
Bertempat di Ruang Seminar Driyarkara, PBI Universitas Sanata Dharma dan Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris menyelenggarakan business meetin
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PSPBI) Universitas Bosowa (Unibos) sambut Jajaran Pimpinan dan Pengurus Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Regional […]
Integrating AI in English Language Teaching and Translation: Opportunities and Challenges Tema kegiatan webinar ini adalah: Integrating AI in English Language Teaching […]