RAKERNAS II APSPBI Memperkokoh Peran di Nasional dan Internasional

Kamis, 14 November 2024, Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) menggelar Rapat Kerja Nasional II (RAKERNAS II) yang dihadiri oleh seluruh pengurus dan anggota APSPBI dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Rapat yang berlangsung penuh antusiasme ini memiliki tujuan utama untuk mengevaluasi kinerja tahun sebelumnya dan merumuskan program kerja baru yang lebih optimal.

Acara diawali dengan pemaparan laporan kinerja dan keuangan oleh Presiden APSPBI, Dr. Ummi Khaerati Syam, M.Pd. yang menjelaskan implementasi program kerja serta kondisi keuangan asosiasi ini selama satu tahun terakhir. Laporan ini disampaikan secara transparan dan mendapat apresiasi dari peserta karena menggambarkan kinerja dan penggunaan anggaran yang efisien dan akuntabel.

Selanjutnya, Presiden APSPBI, dalam paparannya, menyoroti berbagai pencapaian yang telah diraih oleh APSPBI, termasuk kolaborasi dengan lembaga pendidikan nasional dan internasional serta peningkatan kompetensi dosen dan institusi melalui berbagai kegiatan tridharma perguruan tinggi. Tidak lupa pula, beliau menyampaikan penghargaan kepada seluruh pengurus dan anggota “terima kasih atas kerja keras dan kerjasama seluruh pengurus, baik Nasional maupun Regional yang telah menyukseskan seluruh program kerja selama kurang lebih setahun terakhir ini, ucap beliau.

Agenda ini menambah semarak para peserta Rakernas dengan adanya penguatan program kerja tahun kedua dari salah satu dewan pakar APSPBI, Veronica Triprihatmini, S.Pd., M.Hum, M.TESOL. “bercermin dari kesuksesan pelaksanaan program kerja di tahun sebelumnya, kita tentu bisa lebih berjaya di tahun kedua ini” tutur ibu Tri.

Pada sesi pembahasan program kerja, peserta dibagi menjadi lima komisi yang terbagi sesuai dengan regional masing-masing. Setiap komisi mendiskusikan program kerja yang relevan dengan kebutuhan dan tantangan di wilayah masing-masing. Pembagian ini memungkinkan setiap regional untuk lebih fokus dalam merancang kegiatan yang efektif dan sesuai dengan kondisi lokal.

RAKERNAS II ini melahirkan sejumlah rekomendasi regional yang berasal dari 12 regional seluruh Indonesia, antara lain:

  1. Workshop AI in ELT
  2. Joint Research dan PkM
  3. Visiting Scholar
  4. Joint Publication
  5. Pendampingan penyusunan kurikulum berbasis OBE
  6. Proficiency Test versi APSPBI
  7. Penguatan International Partnership
  8. Penguatan Kapasitas Guru Bahasa Inggris Indonesia
  9. Pertukaran Mahasiswa dan Dosen
  10. Pendampingan Kepangkatan Dosen

Dengan semangat kolaborasi, Rapat Kerja Nasional APSPBI ini berhasil mencapai kesepakatan dalam merumuskan langkah-langkah konkret guna meningkatkan mutu pendidikan bahasa Inggris di Indonesia. Diharapkan hasil dari rapat ini akan membawa perubahan positif dan semakin memperkokoh peran APSPBI sebagai garda terdepan dalam pendidikan bahasa Inggris.


Your participation matters!

Please update our information through social media!

slot online slot gacor slot