Lejitkan Kompetensi Dosen, APSPBI gagas Visiting Scientist antar Prodi Pendidikan Bahasa Inggris seluruh Indonesia

Surabaya, 24 Juni 2024 – Workshop "Lecturer Recognition: Visiting Scientist dan Pembimbing Dosen" telah sukses diselenggarakan, dihadiri oleh Ketua Program Studi dan perwakilan dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi. Acara yang berlangsung pada 23 Juni 2024, di Hotel Alana Surabaya ini menghadirkan Prof. Dr. Imroatus Solikhah, S.Pd., M.Pd., M.E., Guru Besar dari UIN Raden Mas Said Surakarta dan Wakil Presiden I Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) sebagai pemateri utama, dan Samsul Khabib, S.Pd., M.Pd., Sekretaris Jenderal APSPBI, sebagai fasilitator.

Workshop ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mendalam dan strategi praktis dalam mengembangkan pengakuan dan penghargaan bagi dosen melalui program Visiting Scientist dan Pembimbing Dosen, baik dalam skema pencangkokan maupun reguler. Selain itu, acara ini juga membahas pentingnya seminar akademik bagi dosen dan mahasiswa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian.

Prof. Dr. Imroatus Solikhah memulai sesi dengan menjelaskan konsep dan manfaat dari program Visiting Scientist dan Pembimbing Dosen. Beliau menekankan bahwa program ini bukan hanya untuk meningkatkan kompetensi dosen, tetapi juga untuk membangun jejaring akademik yang lebih luas, serta pengembangan program studi Pendidikan Bahasa Inggris.

Program Visiting Scientist

“Melalui program Visiting Scientist, dosen dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru yang dapat dibagikan kepada mahasiswa dan rekan sejawat di institusi asal. Sementara itu, program Pembimbing Dosen membantu dalam pengembangan kapasitas mengajar dan penelitian dosen,” jelas Prof. Imroatus.

Samsul Khabib sebagai fasilitator memandu diskusi dengan interaktif, mendorong partisipasi aktif dari para peserta. Berbagai pertanyaan dan masukan dari peserta terkait implementasi program tersebut di berbagai perguruan tinggi, termasuk peluang Kerjasama antara prodi.
Salah satu peserta dalam kegiatan ini menyatakan, “Program ini sangat bermanfaat untuk pengembangan profesional dosen. Kami berharap APSPBI dapat menjembatani prodi dalam mengimplementasikan program dan melihat dampak positifnya.”

APSPBI berkomitmen untuk terus mendukung program-program yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program pelatihan dan pengembangan profesional bagi dosen akan terus dilaksanakan untuk memastikan implementasi yang efektif dari inisiatif-inisiatif tersebut.
Dengan keberhasilan workshop ini, diharapkan dosen semakin termotivasi untuk terus mengembangkan kompetensi mereka, baik dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat sehingga dapat berkontribusi lebih signifikan dalam dunia pendidikan. Dengan semangat kerjasama dan komitmen yang kuat, APSPBI berharap dapat terus mendorong inovasi dan peningkatan mutu di lingkungan akademik.-jus


Your participation matters!

Please update our information through social media!