APSPBI Bahas Isu Nasional: Merespons Permendikbud 53 dan 12/2024 tentang Kebijakan dan Kurikulum Bahasa Inggris dalam Kurikulum Merdeka

Forum Annual Business Meeting (ABM) Tahun 2024 Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Nasional Surabaya, Kegiatan Annual Business Meeting (ABM) Tahun 2024 Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (APSPBI) Nasional berlangsung pada tanggal 23 Juni 2024 di Hotel Alana Surabaya. Dalam acara ini APSPBI memiliki agenda yang padat, salah satunya adalah Pembahasan National Issues: Merespon Permrn Nomor 53 dan 12 Tahun 2024 tentang Kebijakan dan Kurikulum Bahasa Inggris pada Kurikulum Merdeka.

Dalam kesempatan ini APSPBI menghadirkan pakar di bidang Kurikulum yaitu; Bapak M. Yusri Saad, S.S., M.M dari Pusat kurikulum dan pembelajaran, BSKAP, Kemdikbudristek. Dalam paparannya beliau menjelaskan tentang Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum Merdeka dengan fokus pelajar yang berkarakter Pancasila. Kebijakan Mata Pelajaran bahasa Inggris yang diwajibkan mulai dari tingkat SD kelas 3, SMP, SMA, serta wajib di SLB bagi peserta didik tanpa hambatan intelektual. Kebijakan dan Capaian Pembelajaran bahasa Inggris saat ini juga akan disesuaikan dengan kondisi pasar. 

Selain itu ada beberapa perubahan karakteristik Elemen dalam kemampuan bahasa Inggris dari yang sebelumnya empat kemampuan (Speaking, Listening, Reading, Writing) di kaji akan mengalami perubahan menjadi Listening – Speaking, Reading – Viewing, Writing – Presenting.
Kegiatan ABM yang dihadiri oleh Dewan Kehormatan/Dewan Pakar, Ketua Program Studi PBI, serta Dosen PBI seluruh Indonesia dalam kesempatan ini menyampaikan pandangannya terkait Kebijakan dan Kurikulum bahasa Inggris pada Kurikulum Merdeka ini. Perubahan kebijakan ini dapat menjadi ajang sosialisasi Program Studi PBI dalam menjaring mahasiswa dan sebagai peningkatan eksistensi mata pelajaran bahasa Inggris itu sendiri. (AH)


Your participation matters!

Please update our information through social media!