Kompetensi Utama
Profil Lulusan
Capaian Pembelajaran Lulusan
Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
APSPBI recommends updated 2024 competency, graduate profile, & learning outcome
Kompetensi Utama Lulusan
Kompetensi Utama 1
Mampu menganalisis informasi melalui mendengar, membaca, dan memirsa serta menyampaikan informasi melalui berbicara, menulis, dan mempresentasikan secara tepat dan kritis dalam beragam teks bahasa Inggris dengan menggunakan kosakata dan tatabahasa yang sesuai dalam konteks keseharian atau umum, akademik, dan pekerjaan setara tingkat menengah atas (upper intermediate / B2 dalam standar Common European Frameworks of Reference for Language).
Kompetensi Utama 2
Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) minimal setara tingkat menengah atas (B2 CEFR) serta pengetahuan kebahasaan, kesusastraan, kebudayaan, dan kependidikan (linguistics, literature, culture, and pedagogy) dalam merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, dan meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik dan berpusat pada siswa (student-centred learning) untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) yang cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme hingga mencapai capaian pembelajaran (standar kompetensi Lulusan) bahasa Inggris sesuai kurikulum yang berlaku berbasis TPACK berdasarkan hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat
Kompetensi Utama 3
Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) serta pengetahuan kebahasaan, kesusastraan, kebudayaan, dan kependidikan (linguistics, literature, culture, and pedagogy) dalam menghasilkan karya berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan serta menyampaikan dan mempublikasikan hasil karya dalam bentuk digital dan non-digital dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat
Kompetensi Utama 4
Mampu merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, dan meningkatkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya dan administrasi penyelenggaraan kelas, sekolah, lembaga pendidikan, dan unit usaha serta unit pelayanan Bahasa Inggris lainnya yang menjadi tanggungjawabnya baik untuk anak-anak dan dewasa dalam konteks formal dan non-formal serta mengembangkannya secara berkelanjutan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat
Profil Lulusan
Pendidik Bahasa Inggris (English Educator)
PL1. Sarjana Pendidikan yang memiliki penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, dan tanggungjawab sebagai pendidik (calon guru, mentor, tutor, coach, trainer, atau sebutan lain) pada bidang Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur pendidikan formal dan non-formal yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme, berkepribadian baik, transformatif, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, menjunjung tinggi nilai-nilai akademik dan etika profesi serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang kritis dan reflektif berdasarkan pada hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat.
Praktisi Bahasa (Language Practitioner)
PL2. Sarjana Pendidikan yang memiliki penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai praktisi bahasa Inggris (penerjemah, interpreter, penyiar, asisten peneliti, pengembang bahan ajar, karya tulis, karya sastra, content creator lisan dan tulisan dalam bentuk digital dan non-digital yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, menjunjung tinggi nilai-nilai akademik dan etika profesi, serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang kritis dan reflektif berdasarkan pada hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat
Wirausahawan (Edutechnopreneur)
PL3. Sarjana Pendidikan yang memiliki penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, dan tanggungjawab sebagai wirausahawan pada bidang pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang kreatif dan inovatif, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme, berkepribadian baik, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan etika profesi yang menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pengembangan unit usaha / bisnis, mampu merancang, melaksanakan, mengelola, memengevaluasi, dan meningkatkan secara berkelanjutan, serta memasarkan layanan dan inovasi-inovasi usaha / bisnis berbasis teknologi baik luar jaringan (offline) maupun dalam jaringan (online) berdasarkan pada hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat
Capaian Pembelajaran Lulusan
Lulusan mampu menunjukkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) setara Level B2 CEFR serta menggunakan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris untuk berkomunikasi dalam konteks keseharian dan umum, akademik, dan profesional secara lisan dan tulisan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat yang mencerminkan sikap cinta tanah air, jiwa nasionalisme, serta nilai – nilai … . (Kompetensi –> Bahasa Inggris dan Komunikasi)
Lulusan mampu menunjukkan penguasan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) setara level B2 CEFR dan penguasaan pengetahuan kebahasaan, kesusastraan, kebudayaan, dan kependidikan (linguistics, literature, culture, and pedagogy) Bahasa Inggris serta menggunakannya secara kritis dan reflektif dalam merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, dan meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik dan berpusat pada siswa (student centred learning) hingga mencapai capaian pembelajaran bahasa Inggris sesuai kurikulum yang berlaku pada jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur pendidikan formal dan non-formal berbasis TPACK dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat yang mencerminkan sikap cinta tanah air, jiwa nasionalisme, serta nilai – nilai … . (Kompetensi –> Bahasa Inggris, Kependidikan, dan Pembelajaran.)
Lulusan mampu menunjukkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) setara Level B2 CEFR serta menggunakan pengetahuan dan keterampilannya untuk mengkaji, menyelesaikan masalah, dan meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris melalui kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat yang mencerminkan sikap cinta tanah air, jiwa nasionalisme, serta nilai – nilai … . (Kompetensi —> Bahasa Inggris dan Penelitian.)
Lulusan mampu menunjukkan keterampilan berbahasa Inggris (English language skills) dan penguasaan pengetahuan kebahasaan, kesusastraan, kebudayaan, dan kependidikan (linguistics, literature, culture, and pedagogy) dan menggunakannya secara kritis dan reflektif dalam menghasilkan karya berbahasa Inggris baik tulis maupun lisan serta menyampaikan dan mempublikasikan karya dalam bentuk digital dan non-digital dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat yang mencerminkan sikap cinta tanah air, jiwa nasionalisme, serta nilai – nilai … . (Kompetensi —> Praktisi Bahasa Inggris.)
Lulusan mampu menunjukkan penguasaan pengetahuan dan keterampilan dalam merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, dan meningkatkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya dan administrasi penyelenggaraan pendidikan (kelas, sekolah, lembaga pendidikan, dan unit usaha serta unit pelayanan lainnya) yang menjadi tanggungjawabnya baik untuk anak-anak dan dewasa yang kreatif dan inovatif dalam konteks formal dan non-formal serta mengembangkan dan memasarkan layanan dan inovasi-inovasi usaha secara berkelanjutan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat yang mencerminkan sikap cinta tanah air, jiwa nasionalisme, serta nilai – nilai … . (Kompetensi —> Pengelolaan pembelajaran, lembaga Pendidikan, dan Kewirausahaan.)