Kompetensi Utama

Profil Lulusan

Capaian Pembelajaran Lulusan

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris

APSPBI recommends updated 2024 competency, graduate profile, & learning outcome

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Sarjana/ S1)

Kompetensi Utama Lulusan

Mampu menganalisis informasi melalui mendengar, membaca, dan memirsa serta menyampaikan informasi melalui berbicara, menulis, dan mempresentasikan secara tepat dan kritis dalam beragam teks bahasa Inggris dengan menggunakan kosakata dan tatabahasa yang sesuai dalam konteks keseharian atau umum, akademik, dan pekerjaan setara tingkat menengah atas (upper intermediate / B2 dalam standar Common European Frameworks of Reference for Language).

Mampu menerapkan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) minimal setara tingkat menengah atas (B2 CEFR) serta pengetahuan kebahasaan, kesusastraan, kebudayaan, dan kependidikan (linguistics, literature, culture, and pedagogy) dalam merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, dan meningkatkan pembelajaran bahasa Inggris yang mendidik dan berpusat pada siswa (student-centred learning) untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri (self-regulated learner) yang cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme hingga mencapai capaian pembelajaran (standar kompetensi Lulusan) bahasa Inggris sesuai kurikulum yang berlaku berbasis TPACK berdasarkan hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat

Mampu menggunakan pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris (English knowledge and skills) serta pengetahuan kebahasaan, kesusastraan, kebudayaan, dan kependidikan (linguistics, literature, culture, and pedagogy) dalam menghasilkan karya berbahasa Inggris baik lisan maupun tulisan serta menyampaikan dan mempublikasikan hasil karya dalam bentuk digital dan non-digital dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat

Mampu merancang, melaksanakan, mengelola, mengevaluasi, dan meningkatkan pengelolaan dan pengembangan sumber daya dan administrasi penyelenggaraan kelas, sekolah, lembaga pendidikan, dan unit usaha serta unit pelayanan Bahasa Inggris lainnya yang menjadi tanggungjawabnya baik untuk anak-anak dan dewasa dalam konteks formal dan non-formal serta mengembangkannya secara berkelanjutan dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Sarjana/ S1)

Profil Lulusan

Pendidik Bahasa Inggris (English Educator)

PL1. Sarjana Pendidikan yang memiliki penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, dan tanggungjawab sebagai pendidik (calon guru, mentor, tutor, coach, trainer, atau sebutan lain) pada bidang Bahasa Inggris pada jenjang pendidikan dasar dan menengah jalur pendidikan formal dan non-formal yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme, berkepribadian baik, transformatif, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, menjunjung tinggi nilai-nilai akademik dan etika profesi serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang kritis dan reflektif berdasarkan pada hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat.

Praktisi Bahasa (Language Practitioner)

PL2. Sarjana Pendidikan yang memiliki penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, dan tanggung jawab sebagai praktisi bahasa Inggris (penerjemah, interpreter, penyiar, asisten peneliti, pengembang bahan ajar, karya tulis, karya sastra, content creator lisan dan tulisan dalam bentuk digital dan non-digital yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme, berkepribadian baik, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, menjunjung tinggi nilai-nilai akademik dan etika profesi, serta mampu mengembangkan keprofesiannya secara berkelanjutan dengan menjadi pembelajar sepanjang hayat yang kritis dan reflektif berdasarkan pada hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat

Wirausahawan (Edutechnopreneur)

PL3. Sarjana Pendidikan yang memiliki penguasaan pengetahuan, kemampuan kerja, kemampuan manajerial, dan tanggungjawab sebagai wirausahawan pada bidang pendidikan Bahasa Inggris dan bidang lain yang kreatif dan inovatif, berpengetahuan luas dan mutakhir di bidangnya, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, cinta tanah air dan memiliki jiwa nasionalisme, berkepribadian baik, menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran dan etika profesi yang menguasai dan mampu menerapkan prinsip-prinsip pengembangan unit usaha / bisnis, mampu merancang, melaksanakan, mengelola, memengevaluasi, dan meningkatkan secara berkelanjutan, serta memasarkan layanan dan inovasi-inovasi usaha / bisnis berbasis teknologi baik luar jaringan (offline) maupun dalam jaringan (online) berdasarkan pada hasil kajian dan penelitian yang komprehensif dengan pemanfaatan Teknologi Informasi secara tepat

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (Sarjana/ S1)

Capaian Pembelajaran Lulusan

Your participation matters!

Please update our information through social media!